Penilaian Kinerja Guru/PKG akan berlaku efektif tahun 2013
Pada tahun 2013 guru yang hendak naik pangkat mesti menempuh PKG yang meliputi 14 kompetensi guru; Pedagogik 7 kompetensi, Kepribadian 3 kompetensi, Sosial 2 kompetensi, dan Profesional 2 kompetensi.
Berikut ini salah satu contoh format penilaian Kompetensi Pedagogik; Kompetensi 1 :Mengusai/Mengenal Karakteristik Peserta Didik.
FORMAT 1 A (2)
LAPORAN DAN EVALUASI
PENILAIAN KINERJA GURU KELAS/GURU MATA PELAJARAN
Nama Guru :.....................................................................
NIP/No seri karpeg :......................................................................
Pangkat /golongan ruang / :................................../.................................
Terhitung Mulai Tanggal
NUPTK/NRG :.....................................................................
Nama Sekolah dan Alamat :......................................................................
.......................................................................
Tanggal mulai bekerja di sekolah ini :.......................................................................
Periode penilaian :......................sampai .....................................
PERSETUJUAN (Persetujuan ini harus ditandatngani oleh penilai dan guru yang dinilai) Penilai dan guru yang dinilai menyatakan telah membaca dan memahami semua aspek yang ditulis /dan dilaporkan dalam format ini dan menyatakan setuju. Nama Guru :............................................... Nama Penilai ........................................................ . Tanda tangan :............................................... Tanda tangan ...................................................... Tanggal/bulan/tahun :..................................................................................................................... |
Kompetensi 1 : Mengenal Karakter Peserta Didik
Nama Guru :..................................................................
Nama Penilai :...................................................................
SEBELUM PENGAMATAN
Tanggal | |
Dokumen dan bahan lain yang dan bahan lain yang diperiksa | |
Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru: | |
Tindak lanjut yang diperlukan |
SELAMA PENGAMATAN
Tanggal | |
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa | 1 Daftar Kelas 2. Daftar Nilai 3. Silabus dan RPP |
Kegiatan/aktifitas guru dan peserta didik selama pengamatan;
pembelajaran. Guru memacu dan memelihara keterlibatan seluruh peserta didik / guru mensupervisi semua peserta didik.
| |
Tindak lanjut yang diperlukan: |
SETELAH PENGAMATAN
Tanggal | |
Dokumen dan bahan lain yang dan bahan lain yang diperiksa | |
Setelah pengamatan: Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru: | |
Tindak lanjut yang diperlukan: |
PEMANTAUAN
Tanggal | |
Dokumen dan bahan lain yang dan bahan lain yang diperiksa | |
Catatan dan Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru (catat kegiatan yang diperlukan). | |
Tindak lanjut yang diperlukan: |
PENILAIAN UNTUK KOMPETANSI 1: Mengenal karakteristik peserta didik
Indikator | Skor | ||
Tidak ada bukti (tidak terpenuhi) | Terpenuhi sebagian | Seluruhnya tepenuhi | |
| 0 | 1 | 2 |
| 0 | 1 | 2 |
| 0 | 1 | 2 |
| 0 | 1 | 2 |
| 0 | 1 | 2 |
| 0 | 1 | 2 |
TOTAL SKOR UNTUK KOMPETENSI 1 | | ||
SKOR MAKSIMUM KOMPETENSI 1 | 12 | ||
Persentase=total skor/12 x 100 % | | ||
Nilai untuk komponen 1 (0% < X ≤ 25 % = 1 ; 25 % < X ≤ 50 % = 2 ; 50 % < X ≤ 75 % ; 75 % < X ≤ 199 % = 4 ) | |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar