KISI-KISI UJIAN NASIONAL SD/MI TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Ini dia yang ditunggu-tunggu oleh guru dan siswa kelas 6. Sudah tradisi setiap tahun pemerintah sebelum pelaksanaan Ujian Nasional, terlebih dahulu mengeluarkan kisi-kisi agar guru dapat mempersiapkan siswanya sukses dalam menempuh UN. Kucoba rubah kisi-kisi yang semula dalam bentuk PDF ke word. Semoga bermanfaat.(sutarwan,menjelang tengah malam di hari Minggu 25-11-2012)
1. BAHASA INDONESIA SD/MI
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
NO SOAL
|
1.
|
Membaca
Membaca
berbagai teks
nonsastra
berupa teks
sederhana,
laporan,
pengumuman,
petunjuk
pemakaian,
ringkasan,
makna
kata, dan rubrik
khusus,
serta berbagai karya
sastra
berupa puisi,
dongeng,
cerita anak, dan
drama anak
|
Disajikan teks bacaan 3 – 4 paragraf, siswa
dapat:
menjawab
pertanyaan dengan kata tanya (apa, siapa,bagaimana, atau mengapa)
• membuat kalimat tanya sesuai dengan isi salah satu
paragraf
• menentukan ide pokok salah satu paragraf
•
menentukan kalimat yang sesuai dengan salah satu
paragraf.
|
|
Disajikan petunjuk penggunaan obat, siswa dapat menjelaskan
penggunaan obat sesuai dengan tingkatan umur
|
|
||
Disajikan petunjuk penggunaan sebuah produk yang diacak, siswa
dapat mengurutkan dengan susunan yang tepat.
|
|
||
Disajikan rubrik khusus surat pembaca, siswa dapat menentukan
kalimat saran dengan tepat.
|
|
||
Disajikan cuplikan pengumuman, siswa dapat menentukan isinya.
|
|
||
Disajikan
teks drama, siswa dapat:
• menentukan tokoh utama
• menentukan latar
•
menentukan amanatnya.
|
|
||
Disajikan paragraf yang terdiri atas 4 kalimat, siswa dapat
menentukan kalimat utamanya.
|
|
||
Disajikan teks percakapan, siswa dapat menyimpulkan isinya.
|
|
||
Disajikan
sebuah paragraf, siswa dapat:
• menyusun pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf
• mengartikan salah satu kata sulit dalam kalimat.
•
Menentukan antonim salah satu kata yang terdapat di
dalam paragraf.
|
|
||
Siswa dapat menentukan peribahasa sesuai dengan ilustrasi yang
disajikan.
|
|
||
Siswa dapat menentukan ungkapan sesuai dengan ilustrasi yang
disajikan.
|
|
||
Disajikan pantun, siswa dapat menentukan pesan yang terkandung
di dalamnya.
|
|
||
Disajikan dua teks, siswa dapat menentukan persamaannya
|
|
||
Disajikan
jadwal perjalanan beberapa kendaraan berbagai jurusan, siswa dapat:
• membuat pernyataan sesuai dengan isi jadwal
• menentukan kendaraan tertentu yang tepat sesuai dengan
tujuan .
|
|
||
Disajikan
puisi, siswa dapat menentukan isi/ maksud yang terkandung di dalamnya.
|
|
||
Disajikan
cuplikan cerita anak, siswa dapat menyimpulkan isinya.
|
|
||
Disajikan
cuplikan laporan, siswa dapat:
• menentukan isinya
• memperbaiki kalimat yang salah strukturnya.
|
|
||
Disajikan
percakapan dua atau tiga orang, siswa dapat menentukan topiknya.
|
|
||
Disajikan
teks satu paragraf, siswa dapat:
• menentukan ringkasannya
• menentukan temanya
• menentukan pesan yang terkandung di dalamnya
|
|
||
Disajikan
teks puisi pendek, siswa dapat:
• menentukan pernyataan sesuai dengan isi puisi
• menentukan makna kata pada puisi yang disajikan.
|
|
||
2.
|
Menulis
Mengungkapkan
pikiran,
perasaan,
dan informasi
dalam
bentuk karangan
sederhana,
petunjuk
pemakaian,
surat,
pengumuman,
dialog,
formulir,
teks pidato,
laporan,
dan ringkasan
dengan
menggunakan ejaan
dan
pilihan kata yang tepat;
menulis
berbagai karya
sastra
untuk anak berbentuk
cerita,
puisi, parafrase, dan
pantun
|
Disajikan
petenuk cara membuat sesuatu yang diacak,siswa dapat mengurutkan sehingga menjadi
sebuah kalimat yang runtut.
|
|
• Disajikan empat kalimat yang disusun secara acak, siswa
dapat
mengurutkan sehingga menjadi paragraf yang padu.
|
|
||
• Disajikan dua kalimat tunggal, siswa dapat menggabungkan
dengan
kata hubung yang tepat.
|
|
||
• Disajikan kalimat rumpang, siswa dapat melengkapi dengan
kata
hubung yang tepat penulisan
|
|
||
Disajikan
surat undangan suatu kegiatan yang belum lengkap,
siswa
dapat melengkapi dengan kalimat efektif yang tepat.
|
|
||
Siswa
dapat menentukan tanda baca pada kalimat surat yang
disajikan.
|
|
||
Disajikan
cuplikan pengumuman yang belum lengkap, siswa
dapat
melengkapi dengan pilihan kata yang tepat.
|
|
||
Disajikan
dialog antara dua atau tiga orang yang belum
lengkap,
siswa dapat melengkapi dengan kalimat yang tepat.
|
|
||
Disajikan
formulir dan ilustasi, siswa dapat melengkapi
formulir
sesuai dengan ilustrasi yang disajikan.
|
|
||
Disajikan
teks pidato yang belum lengkap, siswa dapat:
• melengkapi dengan kalimat ajakan yang tepat
• memperbaiki kalimat yang ejaannya salah.
|
|
||
Disajikan
surat resmi yang di dalamnya terdapat kata yang
tidak
tepat, siswa dapat memperbaikinya dengan kata yang
sesuai
orang yang dituju
|
|
||
Disajikan
cuplikan laporan, siswa dapat membetulkan ejaan
yang
salah.
|
|
||
Disajikan
laporan yang dirumpangkan, siswa dapat
melengkapinya
dengan kalimat yang tepat.
|
|
||
Disajikan
sebuah pantun yang belum lengkap, siswa dapat
melengkapi
dengan kalimat yang tepat.
|
|
||
|
|
|
|
|
Disajikan
gambar kegiatan, siswa dapat menyusun sebuah
paragraf
yang sesuai dengan maksud gambar.
|
|
|
|
Disajikan
paragraf rumpang, siswa dapat melengkapi dengan
kalimat
yang tepat.
|
|
KISI-KISI UJIAN NASIONAL SD/MI TAHUN PELAJARAN 2012/2013
2.MATEMATIKA SD/MI
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
NO SOAL
|
1.
|
Memahami konsep dan operasi hitung bilangan
bulat serta dapat menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari
|
Siswa dapat menentukan hasil oprasi hitung campuran bilangan
cacah.
|
|
Siswa dapat menyelesaikan soal ceritera yang berkaitan dengan
oprasi hitung bilangan cacah.
|
|
||
Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung
campuran
bilangan bulat
|
|
||
|
Memahami konsep dan operasi hitung bilangan
pecahan serta dapat menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang
berkaitan
dengan penjumlahan dan pengurangan pecahan
|
|
Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung
perkalian
dan pembagian berbagai bentuk pecahan
|
|
||
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita sederhana yang
berkaitan dengan skala atau perbandingan
|
|
||
Siswa dapat menentukan urutan berbagai bentuk pecahan
dari besar ke kecil atau sebaliknya
|
|
||
|
Memahami dan menggunakan faktor dan kelipatan
dalam pemecahan masalah
|
Siswa dapat menentukan KPK atau FPB dari dua bilangan dalam
bentuk faktorisasinya
|
|
Siswa dapat menentukan FPB atau KPK dari tiga buah bilangan
dua-angka
|
|
||
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan KPK
|
|
||
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan FPB
|
|
||
|
Memahami konsep dan operasi hitung bilangan
berpangkat dan penarikan akar pangkat 2 atau 3
|
Siswa dapat menentukan
hasil operasi hitung
penjumlahan atau pengurangan bilangan pangkat dua
|
|
Siswa dapat menentukan
penarikan akar pangkat tiga dari suatu bilangan pangkat tiga.
|
|
||
Siswa dapat penyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
penarikan akar pangkat tiga
|
|
||
2
|
Memahami konsep ukuran waktu, panjang, berat,
panjang, luas, debit, volume, dan konsep jarak dan kecepatan serta
penggunaannya dalam pemecahan masalah.
|
Siswa dapat menentukan hasil penjumlahan dan pengurangan satuan
waktu atau satuan panjang yang disajikan dalam soal cerita sederhana.
|
|
Siswa dapat menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan
satuan debit atau satuan volume
|
|
||
Siswa dapat menentukan penyelesaian masalah yang berkaitan
dengan satuan berat atau satuan luas.
|
|
||
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita sederhana yang berkaitan
dengan jarak, kecepatan, dan waktu.
|
|
||
3
|
Memahami konsep, sifat dan unsur-unsur bangun datar, serta hubungan
antar bangun, dan dapat
menggunakannya dalam pemecahan
masalah
|
Siswa dapat menentukan bentuk bangun datar dari beberapa
sifat-sifat bangun yang disajikan atau
sebaliknya
|
|
Siswa dapat menentukan hasil pencerminan dari gambar suatu
bangun datar yang disajikan.
|
|
||
Siswa dapat menentukan unsur-unsur yang ada pada bangun ruang
yang disajikan (titik sudut, sisi, atau rusuk).
|
|
||
Siswa dapat menentukan satu pasang bangun yang sama dan sebangun
dari beberapa gambar yang disajikan
|
|
||
Siswa dapat menentukan jaring-jaring suatu bangun ruang.
|
|
||
|
Memahami konsep luas bangun datar
sederhana dan menggunakannya
dalam pemecahan masalah
|
Disajikan bangun datar dengan ukuran yang ditentukan siswa dapat
menghitung luasnya
|
|
Siswa dapat menentukan luas gabungan atau irisan dari dua bangun
datar sederhana.
|
|
||
Siswa dapat menentukan luas bagian lingkaran (misal setengah
lingkaran).
|
|
||
|
Memahami konsep volume bangun
ruang sederhana dan
menggunakannya dalam pemecahan
masalah .
|
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan
volum kubus atau balok.
|
|
Siswa dapat menentukan volum prisma segitiga dari suatu gambar
yang ukurannya diketahui.
|
|
||
Siswa dapat menentukan
volume tabung dari suatu gambar tabung
yang ukurannya diketahui.
|
|
||
4
|
Memahami konsep koordinat untuk menentukan
letak benda dan menggunakannya dalam pemecahan masalah .
|
Diberikan beberapa titik pada koordinat,siswa dapat menentukan
koordinat salah satu titik.
|
|
5
|
Mamahami konsep pengum pulan
dan penyajian data sertamenerapkannya dalam
pemecahan masalah.
|
Siswa dapat menentukan banyak data dari suatu gambar diagram
batang yang disajikan (terbanyak,terendah, selisih).
|
|
Siswa dapat menentukan banyak data pada diagram lingkaran yang
disajikan (data dari persentase atau besar sudut tertentu).
|
|
||
Siswa dapat menentukan diagram batang dari data yang disajikan
dalam bentuk tabel.
|
|
||
Siswa dapat menentukan salah satu unsur dari data yang disajikan
dalam bentuk diagram batang atau lingkaran.
|
|
||
|
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan
data
|
Siswa dapat menentukan dari nilai rata-rata dari sekumpulan
data(rentang banyak data 6-10 data).
|
|
Siswa dapat menentukan nilai rata-rata dari data berbentuk tabel
(banyak data kurang dari 20 data).
|
|
||
Siswa dapat menghitung nilai rata-rata dari sajian data
berbentuk diagram batang
|
|
||
Siswa dapat menentukan nilai median dari sekumpulan data tunggal
yang disajikan.
|
|
||
Siswa dapat menentukan nilai modus dari data yang disajikan
dalam bentuk soal cerita.
|
|
||
Siswa dapat menentukan selisih nilai tertinggi dan terendah dari data yang disajikan.
|
|
KISI-KISI UJIAN NASIONAL SD/MI TAHUN PELAJARAN 2012/2013
3. ILMU PENGETAHUAN ALAM SD/MI
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
NO SOAL
|
1.
|
Me
mahami ciri-ci ri dan
penggolongan
hewan dan tumbuhan,
manfaat
tumbuhan dan hewan bagi
manusia,
serta upaya pelestariannya.
|
Siswa
dapat menjelaskan fungsi dari ciri khusus pada
hewan/tumbuhan
tertentu
|
|
Disajikan
contoh beberapa tumbuhan/hewan dalam satu
kelompok,
siswa dapat menentukan dasar
pengelompokan dari tumbuhan/hewan tersebut
|
|
||
Disajikan
contoh beberapa contoh tumbuhan/hewan dalam satu kelompok , Siswa dapat
menjelaskan manfaat hewan/tumbuhan bagi
kehidupan
manusia/lingkungan
|
|
||
Siswa
dapat menjelaskan manfaat hewan/tumbuhan bagi
kehidupan
manusia/lingkungan
|
|
||
Siswa
dapat menjelaskan tujuan pelestarian
hewan/tumbuhan
|
|
||
2.
|
Memahami
perkembangbiakan
hewan
dan tumbuhan serta daur
hidup
hewan
|
Disajikan
gambar hewan/tumbuhan, siswa dapat
menentukan
cara perkembangbiakannya
|
|
|
Siswa dapat mengidentifikasi daur hidup hewan
|
|
|
3
|
Memahami
saling ketergantungan
antarmakhluk
hidup
|
Siswa
dapat menjelaskan contoh hubungan antar
makhluk hidup (salah satu jenis simbiosis)
|
|
Siswa
dapat menentukan rantai makanan/peran makhluk
hidup
dalam komunitas/ekosistem tertentu
|
|
||
Siswa
dapat menentukan peran/manfaat tumbuhan bagi
makhluk
hidup di sekitarnya.
|
|
||
4
|
Memahami
penyesuaian diri pada
makhluk
hidup serta peranan manusia
dalam keseimbangan lingkungan
|
Siswa
dapat menjelaskan pengaruh kegiatan manusia
Terhadap keseimbangan lingkungan.
|
|
|
Siswa
dapat menjelaskan tujuan adaptasi pada
hewan/tumbuhan
tertentu
|
|
|
5
|
Memahami
bagian tubuh manusia,
tumbuhan,
dan hewan, menjelaskan
fungsinya,
serta mampu
mengidentifikasi
kebutuhan tubuh
agar
tumbuh sehat.
|
Siswa dapat menjelaskan fungsi jaringan pada tumbuhan
|
|
Disajikan gamabar alat indera, siswa dapat menentukan bagian yang
ditunjuk.
|
|
||
Siswa dapat menjelaskan proses yang terjadi pada salah satu bagian
alat pernafasan.
|
|
||
Disajikan
gambar alat pencernaan manusia, siswa dapat
menjelaskan
proses yang dilakukan enzim/zat
pencernaan yang dihasilkan oleh bagian yang ditunjuk
|
|
||
Siswa
dapat menentukan aliran darah pada salah satu
sistem
peredaran darah manusia berdasarkan gambar
|
|
||
Siswa
dapat menentukan bagian kerangka manusia
berdasarkan
gambar
|
|
||
Siswa
dapat menjelaskan fungsi zat makanan tertentu
bagi kesehatan tubuh manusia
|
|
||
Siswa
dapat mengidentifikasi ciri-ciri perkembangan
fisik
pada manusia
|
|
||
Siswa
dapat menjelaskan cara pecegahan salah satu jenis
penyakit
pada manusia
|
|
||
6
|
Memahami
sifat penyusun benda,
perubahan
bentuk benda dan
kegunaan,
serta pengaruh suhu
terhadap
benda dalam kehidupan
sehari-hari
|
Disajikan ilustrasi suatu kegiatan,siwa dapat menentukan jenis
perubahan wujud zat yang terjadi.
|
|
Siswa dapat menyebutkan
sifat-sifat bahan keperluan tertentu atau dapat menyebutkan bahan
dasar benda tertentu.
|
|
||
Disajikan
ilustrasi tentang suatu kegiatan, siswa dapat
menjelaskan
pengaruh suhu terhadap benda pada
kegiatan tersebut
|
|
||
Siswa
dapat menjelaskan perpindahan kalor
yang terjadi
pada
suatu kegiatan/peristiwa
|
|
||
7.
|
Memahami
hubungan antara gaya,
gerak,
energi dan perubahannya, serta
manfaatnya
dalam kehidupan sehari-
hari.
|
Disajikan
gamba tertentu,siswa dapat menentukan jenis gaya yang dimanfaatkan.
|
|
Disajikan
pernyataan/gambar, siswa dapat mengidentifikasi gaya yang dapat mengubah
gerak/bentuk/arah suatu benda.
|
|
||
Disajikan
gambar/ilustrasi suatu kegiatan, siswa dapat
menentukan
jenis pesawat sederhana yang sesuai
digunakan.
|
|
||
Disajikan
gambar alat musik, siswa dapat menunjukkan
sumber
bunyi dari alat tersebut
|
|
||
Disajikan
gambar/pernyataan, siswa dapat menentukan
sifat
cahaya dari gambar/pernyataan tersebut
|
|
||
Disajikan
gambar/pernyataan, siswa dapat menentukan
perubahan
energi yang terjadi
|
|
||
Siswa
dapat menyebutkan contoh energi alternatif dalam
kehidupan
sehari-hari
|
|
||
Disajikan
gambar rangkaian listrik, siswa dapat
menentukan
lampu yang menyala/padam jika salah satu
saklar
diputus/disambung
|
|
||
8.
|
Mendeskripsikan
berbagai jenis
sumber
daya alam, perubahan yang
terjadi
dalam pengunaannya, serta
dampaknya
bagi kehidupan.
|
Siswa
dapat mengidentifikasi jenis-jenis tanah.
|
|
Disajikan
gambar/pernyataan, siswa dapat menetukan salah satu jenis sumber daya alam.
|
|
||
Siswa
dapat menyebutkan salah satu kegiatan manusia
yang
dapat mengubah permukaan bumi (pertanian,
perkotaan,
dsb)
|
|
||
Siswa
dapat mengelompokkan jenis sumber daya alam
yang
dapat diperbaharui/tidak dapat diperbaharui.
|
|
||
9.
|
Memahami
sistem tata surya bagi
kehidupan.
|
Menentukan
nama planet/ciri-ciri planet dalam tata surya
|
|
Siswa
dapat menjelaskan akibat gerakan bumi/bulan
terhadap
kehidupan di bumi
|
|
||
Siswa
dapat mengidentifikasi ga mbar terjadinya gerhana
matahari/bulan
atau menjelaskan terjadinya gerhana
matahari/bulan.
|
|
||
Siswa
dapat menjelaskan dasar perhitungan tahun
masehi/tahun
hijriah.
|
|
The good thing about roulette - drmcd
BalasHapusIf there are three people in one – 거제 출장마사지 the dealer and the dealer 강원도 출장안마 – on a card. 성남 출장안마 The dealer is 전라북도 출장마사지 the 영천 출장안마 first player to play this table but they're not playing the